KELULUSAN  SELEKSI SKD CPNS  SANGAT MEMPRIHATINKAN

KELULUSAN  SELEKSI SKD CPNS  SANGAT MEMPRIHATINKAN

Tabanan–Pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS Tahun 2018 Kabupaten Tabanan dilaksanakan di Makodam IX Udayana, Jln. Udayana No. 1 Denpasar pada Hari Minggu, tanggal 11 sampai dengan hari Senin, tanggal 12 November 2018. SKD tersebut diselenggarakan oleh Panitia Seleksi yang terdiri dari Panitia BKPSDM Kabupaten Tabanan dan Panitia BKN (termasuk tenaga teknisi dari PT. Telkom yang dilibatkan oleh BKN). Adapun Proses yang harus dilewati peserta tes meliputi diantaranya adalah :

  1. Registrasi awal peserta dilakukan dengan mencocokkan kartu peserta dengan KTP dan database peserta. Seluruh barang bawaan peserta (tas, gadget maupun assesoris ) dititipk di Panitia Seleksi. Setelah melewati tahap ini, peserta menuju ruang tunggu pertama).
  2. Dari ruang tunggu pertama, peserta kemudian dipanggil kembali untuk diberikan pin sesi dan password CAT. Kartu peserta di scan barcode untuk kemudian di stempel sebagai bukti sah mengikuti CAT.
  3. Setelah proses diatas, peserta menuju ruang tunggu kedua, menunggu panggilan ke ruangan CAT.
  4. Sebelum memasuki ruangan CAT, peserta di scan menggunakan metal detector untuk menghindari adanya kecurangan yang dilakukan oleh peserta.

Dari pantauan TIM MONEV Kabupaten Tabanan dihari pertama ini, tidak terdapat kendala dalam pelaksanaan SKD seperti listrik mati, komputer mati ataupun soal error pada saat pengerjaan. Lokasi CAT sangatlah representatif, menggunakan dua ruangan dengan daya tampung 270 orang dan 80 orang. Setiap sesi diikuti oleh 350 peserta. Pada saat pelaksanaan CAT, hanya panitia BKN yang berhak ada di ruangan CAT tersebut. Panitia Penyelenggara juga menyediakan layar monitor besar agar  Skor SKD langsung dapat diamati secara realtime dan  diketahui secara transparan.

Para Peserta seleksi hari ini dibagi menjadi 5 sesi,. Sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 Wita sampai dengan 09.30 Wita, dan dilanjutkan dengan sesi berikutnya dengan jeda 30 menit untuk registrasi. Setiap sesi hasilnya tersebut langsung disahkan dan diumumkan berapa orang yang lulus. Dilihat dari setiap sesi dihari pertama ini untuk Kabupaten Tabanan, angka kelulusannya sangatlah memprihatinkan. Untuk itu para peserta haruslah giat belajar untuk memperoleh nilai diatas passing grate yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

 admin