TABANAN-Selasa (25/8), dilakukan evaluasi SAKIP dan pelaksanaan RB secara daring oleh tim evaluator Kemenpan RB (Tim Penilai Nasional) Bapak Novan Kharisma Salainti, S.IAN. Kegiatan evaluasi dibuka secara langsung oleh Ibu Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos, Sekretaris Daerah, Para Asisten dan seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Tabanan. Evaluasi dilakukan secara panel dengan Inspektur Kabupaten Tabanan, I Gede Urip Gunawan,S.Sos, M.Si bertindak sebagai moderator.
Bupati Tabanan mengungkapkan SAKIP yang baik serta ditunjang dengan reformasi birokrasi yang prima akan menghasilkan pemerintahan yang baik (good goverment). Bupati Eka menambahkan, pemerintah Kabupaten Tabanan terus berupaya melakukan peningkatan terhadap kinerja pemerintahan meliputi penyelarasan dokumen perencanaan sehingga berorientasi hasil (outcome) proses penjenjangan kinerja (cascading) sampai pada sasaran kinerja pegawai sebagai wujud pelaksanaan dari hasil reviu APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) Kabupaten Tabanan dan tindak lanjut rekomendasi dari Kemenpan RB.
Evaluator Novan Kharisma menyarankan agar tingkatan kinerja agar disesuaikan bagian mana yang menjadi kinerja Bupati, Perangkat Daerah dan Bidang – bidang. Untuk pelaksanaan reformasi birokrasi evaluator meyampaikan apakah telah dilakukan evaluasi atas kesenjangan kompetensi pegawai, identifikasi pengembangan kompetensi, kepatuhan pelaporan LHKPN dan reward bagi penerima layanan jika layanan yang diberikan tidak sesuai standar. Evaluator mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam memberikan pelayanan terutama pada saat kondisi pandemi seperti saat ini.
Pada akhir evaluasi, Bupati Eka mengharapkan adanya peningkatan hasil penilaian Sakip dan RB, sehingga dapat mencapai visi dan misi Tabanan Serasi. Bupati Eka juga menitipkan Tabanan kepada seluruh jajaran perangkat daerah agar selalu berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, karena Pebruari 2021, sudah mengakhiri masa tugasnya. Tetap semangat dan jaga komitmen,”